Rabu, 23 Mei 2012

Cara Praktis Mengeringkan Stevia


Dalam tulisan terdahulu 7 Langkah Mengeringkan  Daun Stevia dengan cara mengeringkan hanya daun stevia saja, berikut ini cara lain yang lebih praktis dan tidak membutuhkan tempat yang luas untuk mengeringkan daun stevia yaitu dengan menggantung potongan dahan secara terbalik. Jadi kalau cara yang pertama adalah dengan melepaskan  daun-daun stevia dari tangkainya, cara yang sekarang adalah dengan  mengeringkan daun beserta batangnya – kemudian setelah kering daun dilepaskan dari batangnya.
Inilah tatacara pengeringannya:
1.   Potong bagian tanaman stevia, baik batang utama ataupun cabangnya. Anda memiliki tiga pilihan ketika melakukan panen daun stevia Anda: mencabut seluruh tanaman sampai akarnya, memotong batang  utama atau cabang tanaman. Cara mencabut seluruh tanaman dari tanah dilakukan jika Anda tidak ingin stevia tumbuh kembali karena ingin menggantinya karena sudah tidak produktif lagi. Sedangkan memotong cabang utama akan menghasilkan cabang sekunder lebih banyak dan akan merubah bentuk  tanaman dan memungkinkan matahari menjangkau ke seluruh bagian tanaman.
2.   Stevia yang  dicabut seluruh tanamannya dipotong terlebih dahulu bagian akarnya, kemudian bersama potongan cabang yang lain dicuci dengan air mengalir sampai bersih.
3.   Potongan stevia ditata sehingga ujung-ujung  batang menyatu di bagian atas. Siapkan tali yang cukup panjang untuk mengikat kumpulan ujung batang ini. Ikat ujung batang yang disatukan ini secara erat dengan simpul mati tetapi jangan sampai merusak batang yang diikat dan buat satu ikatan lagi dibawahnya sebagai cadangan agar bila proses pengeringan terjadi dan batang mengecil – ikatannya tidak terlepas bila digantung.
4.   Gantung kumpulan  ikatan tangkai hijau stevia ini terbalik sampai kering.
5.   Untuk mendapatkan warna hijau daun kering terbaik letakkan dibawah sinar matahari secara penuh atau dengan sebagian pelindung untuk menjaga kelembaban.
6.   Harap diperhatikan: jika kondisi cuaca lembab di luar karena hujan atau mendung  - daun stevia dapat menjadi berjamur selama proses pengeringan.
7.   Setelah beberapa hari, daun Stevia Anda akan kering dengan warna yang masih hijau. Daun stevia  sekarang siap untuk digunakan untuk teh, larutan atau ekstrak ataupun disimpan dan dapat digunakan kapanpun dibutuhkan.
Demikian  dua cara praktis untuk mengeringkan daun stevia Anda, selamat mencoba….



1 komentar:

Terimakasih telah mengunjungi Blog Budidaya Stevia.
Silahkan tulis komentar....